Download Aplikasi OTOS
Install

Mobil Bekas Harga Di Bawah 50 Juta Ramah Di Kantong

Agustus 13, 2025
By Thomas W
Mobil Bekas Harga Di Bawah 50 Juta Ramah Di Kantong-otospector

Mobil bekas di bawah 50 juta? Wow, harganya sudah miring banget! Penasaran kan, kira-kira kayak apa bentuknya?

Sebagian orang memang beranggapan, segala yang menyangkut soal mobil, pasti harganya serba mahal dan merepotkan. Baik itu harga belinya, maupun perawatannya saat pemakaian.

Anggapan itu enggak sepenuhnya salah. Tetapi pada kenyataannya, banyak juga orang yang bisa kok, memelihara mobil lawas yang harganya sudah sangat miring. Asalkan rajin dan ada kemauan untuk merawat.

Mobil bekas di bawah 50 juta apa saja yang kira-kira layak untuk dipantau? Yuk, kita bedah dulu fakta-faktanya:

#1: Mobil Tahun Tua

Mobil tahun tua

Sumber: Oto.com

Dengan anggaran di bawah 50 juta, tentu pilihan mobil bekas yang layak, cukup terbatas. Umumnya adalah mobil-mobil keluaran tahun 1990-an sampai di bawah tahun 2010.

Untuk mobil-mobil yang populer di masyarakat alias laris manis penjualannya, tentu agak susah dapat yang tahun muda. Beda dengan mobil yang kurang populer, stop produksi, atau malah APM-nya sudah tidak ada di Indonesia.

Meski tahun tua, belum tentu mobil akan bermasalah. Asalkan perawatan pemilik sebelumnya sangat apik, performa mobil tua bisa tak kalah saing dengan mobil yang keluar belakangan tapi pemakaiannya asal-asalan.

Nah, agar Otofriends bisa dapat mobil bekas yang masih layak dan bebas masalah, percayakan saja inspesinya kepada jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

 #2:  Teknologi Lama

Teknologi lama

Sumber: Lifepal

Teknologi di dunia otomotif mengalami kemajuan sangat pesat, 20 tahun terakhir. Karena itu mobil-mobil tua punya perbedaan sangat signifikan dalam hal teknologi dibanding mobil sekarang.

Teknologi lama tidak selalu bikin repot. Justru kadang ada beberapa keuntungan, karena sifatnya yang mekanikal, maka lebih mudah ditangani dan biayanya murah.

Beberapa perbedaan teknologi di otomotif belakangan:

  • Sistem percampuran bahan bakar

Mobil lama masih menggunakan karburator, sedangkan sekarang kebanyakan dipakai sistem injeksi yang lebih efisien.

  • Sistem pengereman

Mobil lama ada yang masih menggunakan rem tromol, sedangkan sekarang umumnya teknologi cakram, ditambah ABS/EBD untuk pengereman yang lebih aman.

  • Power steering

Mobil-mobil lama umumnya masih menggunakan power steering hidrolik (atau bahkan tidak pakai!). Saat ini umumnya pakai power steering elektrik yang lebih ringan.

  • Rem tangan

Mobil lama masih menggunakan rem dengan tuas. Sedangkan sekarang sudah diganti dengan sistem elektrik dan fitur autohold.

  • Mekanikal dan Elektrikal

Mobil-mobil lama masih menggunakan kontrol mekanikal, sedangkan sejak tahun 2000-an, yang dipakai teknologi ECU dengan komputer.

Baca juga: 5 Mobil Yang Aman Buat Banjir Ringan

#3: Perawatan dan Spare Part

Perawatan dan spare part

Sumber: Setir Kanan

Salah satu “seni” memelihara mobil tua adalah perawatannya. Biasanya perawatan dilakukan di bengkel umum atau datang ke mekanik yang sudah dekat dengan komunitas pemilik mobil itu. Karena itu sering bergaul dengan komunitas, sangat penting.

Yang juga jadi tantangan adalah mencari komponen atau spare part kalau ada kerusakan. Kalau mobilnya cukup populer, maka spare part akan relatif mudah. Tetapi kalau mobil termasuk langka, bakal repot mencarinya.

Kabar baiknya, meski spare part kadang langka, tetapi kadang bukan mustahil mendapatkannya. Bisa pakai barang pengganti atau substitusi yang cocok. Bisa juga dengan memanfaatkan barang-barang bekas atau istilahnya copotan.

Dalam hal perawatan dan spare part, peran komunitas pemilik mobil jelas sangat penting. Karena itu sempatkan bergaul dengan komunitas, biar tahu cara perawatan yang benar.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Pilihan Mobil Bekas Di Bawah 50 Juta

pilihan mobil bekas

Sedan

  • Toyota Corolla 1.6 SE GREAT MT Th 1992 Rp 42 Juta
  • Timor S 515 SOHC 1.5 MT Th 2000 Rp39 juta
  • Hyundai Avega MT Th 2008 Rp49 juta
  • Mitsubishi Lancer Evolution evo3mt Th 1994 Rp43 juta
  • Toyota Corona 1.6 MT Th 1993 Rp39,9 juta
  • Honda City 2.5 Type Z Th 2002: Rp45 juta
  • Suzuki Baleno 1.5 Next G Th 2004 Rp48 juta
  • Toyota Vios 1.5 G Th 2003 Rp47 juta
  • Mitsubishi Galant 2.0 DOHC AT Th 1993 Rp45,9 Juta
  • Honda Accord VTI-L 2.3L AT Th 2003 Rp 50 Juta

MPV

  • Toyota Kijang 1.8L LGX 1997 Rp45 juta
  • Hyundai Trajet 2.0 GLS tahun 2000 Rp46 juta
  • KIA Carens 1.8 Th 2003 Rp49 juta
  • Toyota Kijang 1.5 SSX Th 2000 Rp49 juta  
  • Toyota Avanza 1.3 E Th 2004 Rp48 juta
  • Mitsubishi Kuda 1.6 GLS Th 2001 Rp46 juta
  • Suzuki APV 2.5 Th 2007: Rp50 juta
  • Daihatsu Xenia Li VVT-i Th 2005: Rp50 juta
  • Isuzu Panther LV 2.5L MT Th 2003 Rp45 juta

Minibus

  • Suzuki Carry Standar 1.3L MT Th 1991 Rp42,9 juta
  • Daihatsu Espass 1.3 ZX MT Th 2006 Rp36 Juta

SUV

  • Nissan Terrano Spirit Th 1997 Rp37,9 juta
  • Daihatsu Taruna CSX Th 2002 Rp48 juta
  • Suzuki Escudo 2.0 Th 2003 Rp47 juta

Hatchback

  • Kia Rio M/T Th 2004 Rp32 juta
  • KIA Visto 1.0 Th 2001: Rp45.000.000
  • Suzuki Aerio Hatchback 1.5 Th 2003: Rp46 juta
  • Suzuki Karimun Estilo 1.0 Th 2007: Rp50 juta
  • Suzuki Karimun Wagon R GX 1.0L MT Th 2014 Rp44 Juta

Baca juga: 10 Mobil Second Di Bawah 100 Juta, Pas Buat Lebaran  

Setelah membeli mobil bekas, bagaimana cara agar kita bisa merawat dengan baik?

Membeli mobil bekas memang harganya miring, tetapi jangan lupa bahwa kondisi mobil itu tidaklah seprima mobil baru. Karena itu, penting untuk menyiapkan dana perawatan sekiranya ada komponen yang harus diperbaiki dan diganti.

Besaran dana perawatan untuk mobil bekas, sangat tergantung dari kondisinya. Angka idealnya adalah 10 – 20 persen dari harga belinya.

Untuk memastikan mobil pilihan Otofriends dalam kondisi baik, pastikan selalu melakukan inspeksi mobil sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan inspeksi, mobil akan dipastikan dalam kondisi layak untuk dibeli dan dipakai nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Jangan Asal-Asalan, Inilah Tips Modifikasi Shock Mobil Yang Aman

Oktober 01, 2025
Kalau dalam waktu dekat Otofriends punya rencana memodifikasi shock absorber, maka sebaiknya baca dulu tips modifikasi shock mobil ini. Biasanya shock dimodifikasi dengan dua tujuan. Pertama untuk kenyamanan dengan membuatnya lebih empuk. Lalu yang kedua untuk performa atau stabilitas, seperti dibuat lebih keras atau lebih rendah. Apapun tujuannya yang terpenting, modifikasi tidak boleh dilakukan asal-asalan.
Baca Lebih Lanjut

Selain Umur, Ini Penyebab Indikator Aki Mobil Nyala

September 30, 2025
Hi otofriends, kadang suka bingung nemu kasus lampu indikator aki di dashboard mobil kamu nyala? Pertanyaan ini wajar, karena lampu aki termasuk bagian penting yang memberi peringatan soal kondisi sistem kelistrikan mobil. Lampu indikator aki biasanya menyala merah dengan simbol baterai. Normalnya, lampu ini hanya menyala saat pertama kali mesin dihidupkan, lalu akan mati setelah
Baca Lebih Lanjut

Wadoh! Insentif Tarif Mobil Listrik Tidak Diperpanjang Guys

September 29, 2025
Hi otofriends, sedikit ada kabar yang kurang sedep nih dimana pemerintah Indonesia, lewat Kemenperin negesin buat berhentiin insentif mobil listrik umpor dalam bentuk utuk atau CBU (Completely Built Up) di akhir tahun 2025 ini. Dari peraturan ini, seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Investasi Nomor 6 Tahun 2023 jo. Nomor 1 Tahun 2024, dimana insentif
Baca Lebih Lanjut