Rahasia Electric Power Steering Kenapa Mobil Modern Memilih Teknologi Ini?
September 08, 2025
By Getan Metodius
Hi otofriends, kamu seneng nyetir sendiri atau bawa mobil sendiri, nah kalau kamu lebih suka nyetir sendiri berarti kamu perlu tahu nih salah satu faktor orang suka nyetir atau mengemudi sendiri.
Faktor terbesarnya adalah dalam berkendara, setir mobil itu sudah dibenamkan teknologi Electric Power Steering. Terutama untuk mobil-mobil keluaran baru di atas tahun 2000 yah, kalau mobil sekarang sih udah pasti pakai EPS semua ya.
Perlu kamu ketahui bahwa teknologi otomotif sangat berkembang, dimana semakin fokus pada keamanan dan kenyamanan pengemudinya. Inovasi terkini yaitu Electric Power Steering atau disingkat EPS, sangat berperan pada teknologi otomotif dunia.
Beli Mobil Bekas di OTOS
Lebih dari sistem kemudi mobil.
Oke, Electric Power Steering (EPS) merupakan sistem kemudi mobil yang menggunakan dukungan listrik untuk mempermudah pengemudi ketika memutar setir. Beda nih sama sistem yang lama, dimana masih menggunakan tenaga hidrolik atau Hydraulic Power Steering, dimana EPS bekerja dengan motor listrik dan juga sensor elektronik.
Alhasil, kita sebagai pengemudi nih, gak perlu mengeluarkan banyak tenaga ketika memutar setir mobil, baik saat parkir atau juga bergerak atau manuver di jalanan yang terbilang sempit.
Selain bikin pengemudi gak perlu tenaga besar dan setir lebih ringan serta nyaman, EPS juga ada beberapa fungsi lain loh yang enggak dipunyai sistem kemudi konvensional:
Meningkatkan kenyamanan: Tentu ini akan meningkatan kita pengemudi bahkan pengemudi wanita pun merasakan manfaatnya, termasuk dalam kecepatan rendah dan kecepatan tinggi atau sedang memarkir kendaraan.
Bisa mengurangi beban mesin: Karena ini pakai motor listrik, jadi EPS enggak menjadi beban mesin secara langsung seperti sistem lama yaitu hidrolik.
Mendukung keselamatan: Dimana EPS ini juga sudah terintegrasi dengan sistem lain seperti ABS, ESC, dan juga fitur canggih lainnya fitur parkir otomatis.
Bisa hemat bensin: Tanpa adanya pompa hidrolik yang terus berputar, penggunaan bensin atau bahan bakar juga jadi lebih hemat.
Garansi Mobil Bekas Otospector
Gimana cara kerjanya?
EPS ini akan bekerja dengan melalui beberapa komponen utama, meliputi:
Sensor Torsi, yang akan mendeteksi gaya putar dari kita pengemudi ketika mutar setir.
Electronic Control Unit (ECU) yang merupakan otak dari sistem EPS yang akan memproses data dari sensor.
Motor Listrik yang akan ngasih tenaga tambahan sesuai instruksi utama dari ECU tadi.
Baterai dan Altenator, tentu ini akan jadi sumber tenaga listrik yang baik untuk motor EPS.
Saat kamu mengemudi memutar setir, sensor bakalan ngebaca seberapa besar tenaga yang dibutuhkan. ECU kemudian ngasih sinyal ke motor listrik untuk memberikan bantuan tambahan sesuai kekurangannya tadi.
Dan hasilnya setir pun terasa ringan ketika diperlukan, dan lebih berat saat kecepatan yang tinggi supaya lebih aman dan jaga kestabilan mobil.
Hemat Energi, dimana EPS akan bekerja ketika diperlukan, tidak seperti cara lama yang pompa olinya terus berputar dan tentu bikin konsumsi bbm jadi lebih efisien.
Perawatan Mudah, karena tidak ada oli power steering yang perlu diganti berkala, sehingga perawatan lebih rendah biaya.
Kenyamanan Mantap, tentu setir jadi sangat ringan saat bermanuver, tapi tetap stabil atau berat ketika kamu melaju dengan kencang.
Ramah Lingkungan, karena lebih hemat bensin, dan minim limbah cair, EPS ini lebih ramah lingkungan dibandingkan sistem lama yaitu hidrolik.
Integrasi dengan teknologi canggih, EPS ini bisa banget dihubungkan dengan berbagai fitur modern seperti lane keeping assist, lalu park assist, dan juga sistem keselamatan aktif yang lain.
Kekurangan EPS:
Sensasi mengemudi kurang natural, namanya fitur, pasti ada saja hal yang dinilai subjektif otofriends. Dimana beberapa pengemudi merasa EPS iini memberikan rasa mengemudi atau memutar setir yang kurang nyata dibandingkan sistem hidrolik.
Bergantung pada sistem elektronik, ya memang jika ada kendala atau gangguan di motor listrik atau ECU, EPS bisa gagal berfungsi dan membuat setir jadi lebih berat.
Biaya perbaikan lebih mahal, karena cukup banyak komponen elektronik, jadi jika ada perbaikan cenderung lebih tinggi sedikit daripada sitem konvensional.
Apa sih bedanya Electric Power Steering dengan Hydraulic Power Steering?
HPS menggunakan pompa oli hidrolik yang tentu digerakkan oleh mesin, membutuhkan perawatan yang rutin serta lebih boros bahan bakar.
EPS pakai motor listrik, lebih hemat bahan bakar, minim perawatan dan juga bisa terintegerasi dengan fitur modern.
Alasan mobil modern pakai EPS:
Kenapa sih mayoritas mobil keluaran baru itu pakainya EPS, jelas utamanya adalah lebih hemat energi, sesuai dengan teknologi modern, serta praktis. Bahkan produsen mobil listrik serta hybrid menjadikan EPS sebagai standar karena sepenuhnya bergantung pada tenaga bersumber listrik.
Selain itu EPS juga punya atau jadi pintu utama hadirnya mobil otonom atau self-driving, di mana sistem komputer bisa ambil alih kendali setir melalui motor listrik.
So, itulah EPS ya otofriends, menurut kamu gimana, kamu suka dan terbantukah dengan teknologi ini?
Halo otofriends, Lagi mikirin beli mobil bekas buat nemenin aktivitas harian atau sekadar gaya-gayaan di akhir pekan? Pilihan yang cerdas banget, lho! Mobil bekas emang punya daya tarik tersendiri harganya lebih bersahabat, pilihannya banyak, dan cocok buat yang mau “naik kelas” tapi nggak mau nambah beban cicilan yang terlalu berat. Tapi nih, yang sering bikin
Beli mobil itu emang udah bukan jadi hal yang mewah kayak dulu. Apalagi karena udah banyak merek mobil dari luar yang masuk ke Indonesia. Peredaran mobil baru dan bekas boleh dibilang cukup berimbang otofriends. Apalagi buat sekarang-sekarang ini, mobil bekas malah tetap banyak dicari orang. Gak cuma buat para pembeli mobil pertama aja atau mereka
Hi otofriends, khusus kamu warga Bogor kali ini bang min mau bagiin rekomendasi mobil dibawah 100 juta nih. Meskipun mobilnya dibawah 100 juta, tapi bang min mau pastiin bahwa rekomendasi-rekomendasi ini masih mantap dan cocok buat kamu beli. Seperti yang udah kita ketahui nih otofriends, kalau beli mobil bekas itu harus teliti dan jangan gampang
Mobil bekas di semarang di bawah 30 jutaan, kayak apa bentuknya? Jangan heran kalau ada yang bertanya begitu, mengingat mobil-mobil bekas dengan harga yang miring banget begitu, kondisi biasanya “seadanya”. Rata-rata dianggap banyak masalah, terutama di sektor mesin dan kelistrikan. Padahal kenyataan tidak selamanya begitu. Mobil-mobil yang usianya sudah di atas 20 tahunan, ada sebagian
Hi Otofriends yang tinggal di Bandung, lagi cari mobil bekas dengan biaya terjangkau? Nah ini ada beberapa pilihan mobil bekas yang mungkin aja bisa jadi referensi kamu nih. Mobil bekas emang menarik, satu dari sisi harganya yang terjangkau, lalu kedua, kamu bisa melakukan modifikasi bahkan sampai bisa menyulap dan mendapkan harga jual tinggi. Semua tergantung
Halo otofriends, Lagi mikirin beli mobil bekas buat nemenin aktivitas harian atau sekadar gaya-gayaan di akhir pekan? Pilihan yang cerdas banget, lho! Mobil bekas emang punya daya tarik tersendiri harganya lebih bersahabat, pilihannya banyak, dan cocok buat yang mau “naik kelas” tapi nggak mau nambah beban cicilan yang terlalu berat. Tapi nih, yang sering bikin
Beli mobil itu emang udah bukan jadi hal yang mewah kayak dulu. Apalagi karena udah banyak merek mobil dari luar yang masuk ke Indonesia. Peredaran mobil baru dan bekas boleh dibilang cukup berimbang otofriends. Apalagi buat sekarang-sekarang ini, mobil bekas malah tetap banyak dicari orang. Gak cuma buat para pembeli mobil pertama aja atau mereka
Hi otofriends, khusus kamu warga Bogor kali ini bang min mau bagiin rekomendasi mobil dibawah 100 juta nih. Meskipun mobilnya dibawah 100 juta, tapi bang min mau pastiin bahwa rekomendasi-rekomendasi ini masih mantap dan cocok buat kamu beli. Seperti yang udah kita ketahui nih otofriends, kalau beli mobil bekas itu harus teliti dan jangan gampang
Mobil bekas di semarang di bawah 30 jutaan, kayak apa bentuknya? Jangan heran kalau ada yang bertanya begitu, mengingat mobil-mobil bekas dengan harga yang miring banget begitu, kondisi biasanya “seadanya”. Rata-rata dianggap banyak masalah, terutama di sektor mesin dan kelistrikan. Padahal kenyataan tidak selamanya begitu. Mobil-mobil yang usianya sudah di atas 20 tahunan, ada sebagian
Hi Otofriends yang tinggal di Bandung, lagi cari mobil bekas dengan biaya terjangkau? Nah ini ada beberapa pilihan mobil bekas yang mungkin aja bisa jadi referensi kamu nih. Mobil bekas emang menarik, satu dari sisi harganya yang terjangkau, lalu kedua, kamu bisa melakukan modifikasi bahkan sampai bisa menyulap dan mendapkan harga jual tinggi. Semua tergantung
Halo otofriends, Lagi mikirin beli mobil bekas buat nemenin aktivitas harian atau sekadar gaya-gayaan di akhir pekan? Pilihan yang cerdas banget, lho! Mobil bekas emang punya daya tarik tersendiri harganya lebih bersahabat, pilihannya banyak, dan cocok buat yang mau “naik kelas” tapi nggak mau nambah beban cicilan yang terlalu berat. Tapi nih, yang sering bikin
Beli mobil itu emang udah bukan jadi hal yang mewah kayak dulu. Apalagi karena udah banyak merek mobil dari luar yang masuk ke Indonesia. Peredaran mobil baru dan bekas boleh dibilang cukup berimbang otofriends. Apalagi buat sekarang-sekarang ini, mobil bekas malah tetap banyak dicari orang. Gak cuma buat para pembeli mobil pertama aja atau mereka
Hi otofriends, khusus kamu warga Bogor kali ini bang min mau bagiin rekomendasi mobil dibawah 100 juta nih. Meskipun mobilnya dibawah 100 juta, tapi bang min mau pastiin bahwa rekomendasi-rekomendasi ini masih mantap dan cocok buat kamu beli. Seperti yang udah kita ketahui nih otofriends, kalau beli mobil bekas itu harus teliti dan jangan gampang