Plus Minus Engine Flush Mesin Mobil

Mei 02, 2024
By Thomas W
Plus Minus Engine Flush Mesin Mobil-otospector

Engine flush mesin mobil adalah proses pembersihan bagian dalam mesin. Biasanya ini dilakukan saat gant oli mesin yang rutin, dengan tujuan membersihkan bagian dalam mesin dari endapan dan kerak sisa-sisa pembakaran. Ada sebagian orang berpendapat, setelah engine flush, performa mesin jadi lebih optimal.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

 Akan tetapi Otofriends harus paham juga, engine flush mesin mobil ini sebenarnya bukan tidak wajib-wajib banget. Ada kondisi-kondisi tertentu yang tidak mengharuskannya. Apalagi flushing bukannya tanpa risiko, kalau proses pengerjaannya tidak bener.  

Apakah plus minus engine flush mesin mobil? Mari kita bedah satu per satu lewat poin-poin di bawah ini:

#1: Apa yang Dimaksud dengan Engine Flush?

Engine Flush Mesin Mobil

Sumber: Amazon.com

Engine flush adalah pembersihan bagian dalam mobil dengan cairan khusus. Cairan yang dipakai mengandung beberapa bahan di antaranya deterjen, pelarut, aditif, dan bahan-bahan lain. 

Cara pengerjaannya, cairan engine flush dimasukkan ke dalam mesin sebelum oli yang lama dibuang dan diganti oli baru. Kemudian mesin dinyalakan dan biarkan dalam kondisi idle sekitar 5 sampai 10 menitan.

Begitu waktu usai, mesin bisa dimatikan dan oli lama dibuang. Biasanya akan terlihat oli mesin yang sudah menghitam karena berbagai endapan dan kerak. Setelah semua oli keluar, maka oli baru siap diisi ke dalam mesin.

Baca juga:  5 Komponen Yang Bikin Biaya Servis Mobil Membengkak

#2: Hal yang Positif dari Engine Flush

Engine Flush Mesin Mobil

Sumber: dr-oto.com

Proses engine flush tentu akan membuat endapan dan kerak yang menumpuk di dalam mesin menjadi bersih. Endapan bisa berasal dari berbagai sumber seperti proses pembakaran, oli yang teroksidasi, sampai partikel-partikel kecil dari mesin yang aus.

Endapan atau kerak tentu saja tidak bisa didiamkan. Karena jika sampai berlebihan, kinerja mesin bisa terganggu dan keausan mesin jadi lebih cepat. 

Engine flush juga membuat performa mesin kembali optimal. Mesin yang bersih akan membuat aliran oli semakin lancar. Performa mesin juga akan meningkat yang akan terasa lewat mesin yang lebih responsif dan bunyi mesin semakin halus. 

Kalau mesin selalu dalam kondisi terawat, umur pakai mesin juga lebih panjang. Kebersihan mesin yang terjamin akan mengurangi risiko kerusakan lebih dini.

beli mobil bekas di tokopedia

#3:  Hal yang Negatif dari Engine Flush

Engine Flush Mesin Mobil

Sumber: Novintrades.com

Meski ada manfaatnya, ternyata engine flush tidak selalu dibutuhkan mesin. Asalkan mesin sudah dirawat dengan baik, dengan cara rutin ganti oli dan menggunakan oli berkualitas, engine flush dianggap tidak perlu. 

Prose engine flush ini juga bukannya tidak berdampak buruk, terutama buat mesin-mesin tua. Endapan yang rontok bisa saja menyumbat saluran oli atau cairan akan merusak komponen yang sudah lemah. 

Perlu dipahami juga, tidak semua endapan atau kerak bisa rontok dengan engine flush. Kalau kasusnya memang parah, tetap perlu pembersihan dengan cara mekanis di bengkel. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Engine Flush 

Engine Flush Mesin Mobil

Sumber: ebay

Sebelum engine flush, Otofriends sebaiknya berkonsultasi dulu dengan mekanik atau bengkel terpercaya. Dengan melihat kondisi mesin, bengkel akan menilai apakah perlu dilakukan engine flush. 

Pastikan juga kualitas dan jenis cairan engine flush. Pilih cairan yang tidak terlalu keras. Cirinya adalah yang aromanya tidak terlalu menyengat dan tingkat keasamannya (pH) antara 6 sampai 8.

Terakhir yang harus diingat, engine flush tidak bisa menggantikan proses ganti oli. Jadi tetap saja setelah proses flushing, oli harus diganti baru.

Baca juga:  Pentingnya Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Mudik

Cara memeriksa kebocoran oli dari mobil bekas?

Membeli mobil bekas memang tidak bisa dilakukan sembarangan dan asal pilih begitu saja, tanpa melihat kondisinya. Salah memilih mobil bekas, akibatnya bisa sangat panjang bahkan sampai bertahun-tahun ke depan.

Bila mobil bekas ada indkasi oli mesin bocor, maka pastikan kondisinya dengan bantuan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Melalui proses inspeksi yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan memperoleh gambaran mobil tersebut secara menyeluruh.

Hasil laporan inspeksi mobil nantinya akan berguna untuk memutuskan pilihan terbaik untuk mobil yang akan dibeli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

April 27, 2024
Meski bisa dibilang masih sangat stabil, namun di pasaran mobil bekas, harga mobil Innova Reborn bekas saat ini semakin terjangkau. Multi Purpose Vehicle (MPV) medium atau mobil keluarga yang semasa Kijang pernah dijuluki sebagai mobil sejuta umat ini, bahkan sekarang sudah ada yang dijual di bawah Rp200 jutaan. Buat yang mencari mobil keluarga, memang Innova
Baca Lebih Lanjut

Catat, Ini 5 Mobil Pintu Geser Dengan Harga Ekonomis

April 26, 2024
Meski di pasaran banyak tersedia pilihan jenis mobil, namun mobil pintu geser jadi favorit para penggemarnya. Pasalnya mobil jenis ini mampu memberi akses ke dalam mobil yang lapang. Begitu juga ketika sedang membawa mobil ini di tempat parkir. Sayangnya keberadaan mobil pintu geser identik dengan harga jual yang masih tinggi, seperti contohnya Toyota Alphard. Saat
Baca Lebih Lanjut

Apa Sih, Fungsinya Oli Power Steering?

April 26, 2024
Fungsi oli power steering tentu sangatlah vital di dalam sistem powert steering dengan sistem hidrolis. Sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak melakukan perawatan dengan benar, sehingga kualitas oli sering terabaikan.  Oli power steering bisa sampai terabaikan, bisa jadi disebabkan karena pergantian oli ini memang dilakukan 40.000 km atau dua tahun sekali. Bagi pemilik mobil
Baca Lebih Lanjut